Jumat, 23 Desember 2011

Jangan salahkan orang yang tidak tahu

Manusia beragam, begitu juga dengan pola pikirnya.
Apa yang ada dalam pola pikir orang lain ya, hmm rasanya susah buat ditebak juga.
Dipikir-pikir buat apa saya ribet-ribet cari tahu tentang pemikiran orang lain, apa pentingnya.

Yayayayaya, apa pentingnya? sampai ketika pola pikir orang lain tersebut sangat-sangat mengganggu saya. Kenapa ya orang lain itu suka sok tau, suka sok pinter, suka sok menjudge orang lain.

Mungkin pemikiran "Jangan salahkan orang yang tidak tahu" dari Pramoedya Ananta Toer dalam bukunya "Bumi Manusia" akan bisa menjawab pertanyaan saya diatas.

Tapi kalo gak tahu ya jangan sok (pura-pura tahu), diem aja. Seberapa benernya dirimu sampai bisa menjdge orang lain.

4 komentar:

  1. Setuju bun!!

    Dan kata Hitler, kalao kita enggak paham sebenernya kita kehilangan hak untuk mengeluh dan mengkritik. Kayaknya nyambung sama cerita lo itu deh. Haha.

    BalasHapus
  2. Ndieee, setuju banget!!! Bangetttttt! "Kalo kita gak tahu, kita kehilangan hak u/ mengelug dan mengkririk".
    Kata2 yang pas didenger, simple.
    Tapi kenapa gw baru tau pas lo tulis diatas yaa..
    Mau bukunya Putu Wijaya ndie, kayanya wajib baca juga..:)

    BalasHapus
  3. Hehe. Setiap inget kata-kata itu gue jadi takut ngomong bun.
    Tukeran sama "Bumi Manusia" ya bun?

    BalasHapus
  4. iya, terutama takut ngomong asal. hheehe
    yahh Bumi Manusia kan punya temen gw ndie, udah gw balikin ke temen gw :)

    BalasHapus